in ,

Bahaya Perut Buncit yang Wajib Diwaspadai!

CakapCakap – Memiliki perut yang rata dan indah merupakan idaman bagi setiap orang. Baik kaum adam maupun hawa, pasti menginginkan bentuk perut yang ideal. Sebab, perut buncit bisa mengikis rasa percaya diri. Namun, tak hanya itu Cakap People. Memiliki perut buncit maka artinya kamu juga harus bersiap apabila terdapat aneka bahaya kesehatan yang mengancam.

Sebab, punya perut buncit bukanlah suatu hal yang menguntungkan. Terdapat beberapa bahaya yang bisa diakibatkan karena memiliki bentuk perut yang buncit. Bahaya tersebut berhubungan erat dengan kesehatan kamu lho! Lantas, bagaimana perut buncit bisa terbentuk dan apa saja bahayanya? Simak ulasan berikut ini!

Asal mula perut buncit

Penyebab terjadinya perut buncit via Id.dralexjimenez.com

Pernahkah kamu berpikir, sebenarnya dari mana asal perut buncit ini? Tentu perut buncit punya kaitan dengan lemak. Di dalam tubuh, terdapat 2 jenis lemak yakni lemak subkutan yang terletak di balik kulit serta lemak viseral (letaknya di rongga perut). Apabila seseorang memiliki bentuk perut yang buncit, maka artinya terdapat penumpukan lemak viseral berlebih di dalam rongga perut.

Padahal, jenis lemak viseral termasuk lemak yang cukup bahaya. Sebab, jenis lemak ini dapat mengeluarkan sebuah senyawa peradangan. Bahkan hormonnya bisa memberikan gangguan pada jalannya metabolisme dalam tubuh. Kumpulan lemak viseral ini mengeluarkan senyawa yang bernama asam lemak bebas. Jika senyawa tersebut masuk menuju hati, maka dapat menjadikan kolesterol jahat makin meningkat kadarnya. Alhasil, kadar kolesterol baik akan menurun dan kalah jumlah. Sehingga bisa memicu terjadinya penyakit akibat kelebihan kolesterol jahat. Jenis penyakit yang mungkin menyerang kamu ialah jantung, hipertensi, kanker hingga diabetes tipe 2.

Penyebab & cara mengatasi

Cara mengatasi perut buncit via Winnetnews.com

Lemak viseral yang menumpuk pada perut tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari kurang tidur, stres, pola makan buruk hingga kurang bergerak atau olahraga. Alhasil, lemak bisa membungkus organ yang terdapat dalam organ perut, meliputi usus, hati hingga pankreas. Bahayanya, jenis lemak viseral ini juga dapat berdampak pada fungsi hormon tubuh kamu.

Lalu, bagaimana cara menentukan apakah perut kita buncit atau tidak? Kamu dapat memakai meteran guna mengukur perut. Caranya, lingkarkan meteran mengelilingi perut. Posisi dari meteran tersebut harus sejajar dengan pusar serta tulang panggul. Pada pria, umumnya dikatakan punya perut buncit apabila memiliki lingkar perut lebih dari angka 90 cm, sedangkan pada perempuan 80 cm.

Kamu bisa mencegah perut buncit lho Cakap People! Caranya dengan melakukan gaya hidup yang sehat. Jangan lupa untuk mengatur kebiasaan makan. Mulai dari porsi, jenis makanan yang dikonsumsi hingga jeda waktu makan. Upayakan agar tidak berlebihan dalam menyantap makanan. Lalu, konsumsi menu-menu makanan sehat seperti sayur dan buah. Kamu juga dianjurkan untuk cukup istirahat, setidaknya 6 sampai 7 jam per hari. Jangan lupa hindari stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

James Wan Menyangkal Film Aquaman Akan Dipotong 20 Menit

5 Zodiak Berikut Punya Cinta Tanpa Syarat Terhadap Pasangan, Kamu Juga?