in

Awas Terkecoh! Ada Seekor Hewan pada Daun Kering Ini, Coba Perhatikan

CakapCakap – Dunia binatang termasuk hal yang juga menarik untuk dibahas. Banyak dari hewan yang memiliki kemampuan tertentu dan berbeda dari kebanyakan hewan yang lain. Salah satunya adalah kemampuan dalam hal berkamuflase. Tahu kan, Cakap People?

Kamuflase atau menyamar termasuk dalam upaya pertahanan diri yang sangat penting bagi binatang. Selain mempertahankan diri dari pemangsa, kamuflase juga berguna untuk berburu mangsa yang cukup efektif dan efisien.

Uropyia Meticulodina berkamuflase via Dream.co.id

Salah satu serangga yang pandai dalam menyamarkan diri adalah jenis serangga yang diberi nama Uropyia Meticulodina. Serangga ini merupakan sejenis ngengat yang memiliki kemampuan dalam menirukan daun mati dan telah mengering dengan sempurna. Alhasil, Cakap People akan dibuat kaget melihat seberapa miripnya hewan ini dengan daun yang asli.

Uropyia Meticulodina menirukan daun mati dengan begitu baik bahkan lengkap dengan guratan kecil sekaligus gulungan yang telah mengering. Selain itu, hal lain yang mengejutkan dari hewan satu ini adalah mampu menciptakan penyamaran yang begitu cantik serta menciptakan ilusi optik luar biasa di bagian sayapnya.

Jika diperhatikan dengan teliti, kamu akan melihat bagaimana sayap si Uropyia bisa menggulung layaknya daun yang telah kering. Padahal sayap si hewan mimikri ini tetaplah berbentuk lurus seperti ngengat lainnya.

Uropyia Meticulodina mampu menciptakan efek sisik kecil di bagian sayap mereka. Mereka bahkan bisa menirukan bayangan dari gulungan daun yang mati. Uropyia hidup dan menghabiskan sebagian waktunya dengan berada di lantai basah hutan China dan Taiwan.

Dengan kemampuannya tersebut tidak heran jika hewan ini dianggap sebagai hewan yang memiliki cara pertahanan diri sekaligus alat berburu yang luar biasa. Selain Uropyia Meticulodina, beberapa hewan lainnya yang pandai berkamuflase antara lain adalah burung Frogmouth yang menyerupai batang pohon.

Ada juga cuttlefish yang mampu beraksi layaknya gundukan pasir di dasar laut, ikan harlequin yang mampu menampilkan diri seperti koral-koral di laut, serangga tongkat yang berasal dari Australia, ngengat yang berkamuflase layaknya motif dinding dan lain sebagainya.

Di Indonesia ada juga beberapa hewan yang memiliki kemampuan kamuflase dengan sangat baik bukan, Cakap People?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Di Negara Ini Sampah Plastik Ditukar Emas, Mau?

6 Pertanda Hantu Hadir di Rumahmu, Waspada!