in ,

Awas, Kuman Sering Ngendon di Beberapa Tempat Ini!

Tidak ada yang benar-benar bebas dari keberadaan kuman. Beberapa benda memang jelas-jelas kotor dan mengandung banyak kuman. Tapi, ada beberapa tempat di rumah kamu yang luput dari perhatian kamu dan harus dibersihkan sesering mungkin guna menghindari ancaman kuman dan penyakit. FYI, kuman tak kalah cerdik. Cara termudah untuk lolos dari ladang pembantaian adalah dengan bersembunyi di tangan kamu.

Tangan memang organ tubuh yang paling sering digunakan dan multi-fungsi. Ia terlibat dalam berbagai kegiatan, mulai dari membersihkan rumah, mengepel lantai, menggosok hidung dan mata hingga memasukkan makanan ke dalam mulut. Jika kamu tidak berhati-hati, kuman bakal bersembunyi di benda-benda yang kamu sendiri tidak menyadari kalau ia merupakan sarang paling nyaman untuk kuman bersembunyi. Apa saja benda itu? Berikut adalah daftarnya.

Mesin cuci dan mesin pengering

Mesin cuci dan mesin pengering via https://f1.media.brightcove.com/8/1078702682/1078702682_4471294932001_washing-machine-still.jpg?pubId=1078702682&videoId=1651750822

Tujuan kita memasukkan baju kotor ke mesin cuci adalah untuk menghilangkan kotoran sekaligus kuman penyakit. Tapi, tidak semua cara cuci sanggup mengusir kuman, bro. Dan, perlu kamu ketahui, sejumlah bakteri patogen tetap sanggup bertahan hidup melewati mesin cuci dan mesin pengering! Ngeri! Lalu, bagaimana caranya agar baju kamu bebas kuman dan virus? Kalau bahan pakaian kamu kuat, usahakan mencuci dengan air panas. Pastikan juga menggunakan pemutih untuk baju-baju tertentu.

Smartphone

Smartphone juga jadi sarang kuman via https://img.okezone.com/content/2017/10/06/207/1790236/duh-smartphone-pejabat-gedung-putih-kena-serangan-hacker-Uc79JHdKXH.jpg

Pernahkah kamu menghitung berapa kali dalam sehari kamu memeriksa smartphone kamu? Sebuah riset menunjukkan kalau orang rata-rata melakukan swipe, tap, ketik dan klik di layar ponsel mereka sebanyak 2.600 kali dalam sehari! Dan, yang perlu kamu jawab adalah kapan terakhir kali kamu membersihkan ponsel kamu? Pasti kamu lupa, jika tidak dapat dikatakan kamu tidak pernah membersihkannya. Padahal, perlu kamu ketahui, segala aktifitas tangan kamu yang menyentuh layar ponsel secara langsung berpotensi menjadikannya sebagai tempat bakteri dan virus berkembang biak, lho.

Riset lain menunjukkan kalau dari 150 smartphone, sekitar 124 di antaranya menjadi tempat tumbuh kembang bakteri, bro. Ingat, ya, smartphone begitu intim dengan kamu karena menempel di semua organ vital kamu mulai dari muka, telinga dan mulut. Ingin terhindar dari risiko tertular penyakit? Jangan pernah membiasakan bertukar ponsel dengan siapapun, ya.

Mesin ATM dan tombol ATM

Mesin ATM dan tombol ATM via https://i.ytimg.com/vi/n0ugHS4pR4M/hqdefault.jpg

Mesin ATM dan tombol yang bertengger di keypad-nya merupakan tempat persembunyian paling aman bakteri dan kuman. Kamu bisa bayangkan berapa jemari yang berbeda yang menyentuhnya? Wah, pasti ada banyak kuman dan bakteri yang bercampur baru dan tertularkan ke orang lain lewat mesin penarik uang ini, ya, gaes.

Ada peneliti yang mendapati kalau di mesin ATM dan tombolnya terdapat sisa-sisa kulit manusia, bekas makanan dan makanan yang berasal dari peralatan rumah tangga. Jumlah bakteri yang menempel ini ada banyak sekali dan, uniknya, semua ATM memperlihatkan jenis bakteri yang kurang lebih sama meskipun berada di lokasi yang berjauhan. So, pastikan tangan kamu bersih dan tercuci setelah mendatangi ATM atau sekedar menabung di bank.

Ruang kantor

Salah satu medium penularan penyakit paling populer di kantor adalah benda-benda yang sering disentuh banyak orang via http://inseltage.info/wp-content/uploads/2017/12/modern-office-layout-modern-office-furniture-and-layout-trends-infographic.jpg

Kantor adalah tempat yang pas untuk menyebarkan penyakit. Salah satu medium penularan penyakit paling populer di kantor adalah benda-benda yang sering disentuh banyak orang. Pernah kamu mengamati berapa orang yang menekan tombol dispenser? Atau, berapa yang menggunakan sendok dan garpu yang sama, atau cangkir kopi yang sama? Masih ada banyak tempat lain, lho, yang perlu kamu waspadai sebagai sarang kuman di kantor, lho, mulai dari pintu kabinet, pegangan kulkas, dan bahkan printer atau mesin fax. So, selalu jaga kebersihan tangan kamu ya, gaes.

Binatang peliharaan

Binatang peliharaan via http://image.cachorrogato.com.br/textimages/melhor-amigo-homem.jpg

Jangan sampai kamu tersesat oleh opini yang menyebut kalau mulut anjing lebih bersih dari mulut manusia. Para peneliti di Jepang pernah mengkaji plak bakteri dari 66 anjing dan 81 manusia. Mereka mendapati baik mulut manusia maupun mulut anjing sama-sama dipenuhi bakteri meski jenisnya berbeda. Lebih jauh lagi, ternyata bakter-bakteri ini dapat dengan mudah tertularkan. So, kalau kamu punya kebiasaan berdekatan dengan anjing, jangan sampai rasa sayang mendorong kamu membiarkan anjing mencium bibirmu. Itu tidak hanya konyol, tapi juga berbahaya karena keseimbangan bakteri di mulut kamu bakal berubah total. FYI, sejumlah bakteri patogen di mulut anjing bisa menyebabkan penyakit fatal bahkan kematian bagi manusia.

Uang tunai

Uang tunai bisa jadi sarang kuman lantaran selalu berpindah tangan dari satu orang ke yang lain tak terhitung via https://lh3.googleusercontent.com/LBSct5iTzK_o4AjCw13q_exlqlpN6xjxpe67B6FFqzTm2-SaGe0Lbz7Tm9MFZTXSoA=h310

Belakangan ini ada gerakan untuk tidak menggunakan uang tunai. Tapi, itu hanya bisa berjalan di kota-kota besar. Di pedesaan dan kota terpencil, uang tunai tetap disirkulasikan dan masih marak digunakan. Padahal, seiring dengan makin banyaknya tangan yang memegang selembar uang kertas, maka semakin banyak pula kuman dan bakteri yang bersarang di dalamnya. Riset menunjukkan kalau bakteri yang biasa ditemukan di kotoran manusia dan ragi merupakan yang paling sering eksis di uang tunai. Mengerikan, nggak, bro? Memang tidak mudah menghindari keberadaan dan kegunaan uang tunai. Tapi, pastikan kamu mencuci tangan setelah melakukan kontak dengan uang, ya.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Deretan Teknologi Terkini yang Bikin Kamu Takjub

Ingin Sukses? 5 Hal Ini Harus Kamu Miliki