in

Asteroid Antariksa AS Temukan 3 Planet Mirip Bumi, Apa Saja?

CakapCakap – Berbagai temuan baru dari luar angkasa terus dicatatkan oleh sejumlah negara maju yang telah mengirimkan berbagai peralatan canggih untuk mempelajari kehidupan di sana. Cakap People tentu saja sudah mengetahui negara-negara yang banyak terlibat dalam penelitian terkait kehidupan di luar angkasa, termasuk Amerika Serikat. Nah, baru-baru ini negara adidaya tersebut baru saja berhasil menemukan tiga planet raksasa yang sangat mirip dengan bumi di luar tata surya.

TESS, asteroid antariksa AS menemukan 3 planet raksasa mirip bumi di luar tata surya. Via planetary.org

Seperti dilaporkan oleh laman Suara.com, planet pertama yang ditemukan oleh asteroid antariksa AS bernama TESS itu adalah HD 21749b, yang berinduk pada sebuah bintang cemerlang di konstelasi Reticulum. Jaraknya mencapai 53 tahun cahaya dari bumi. Planet itu berukuran tiga kali lebih besar dari bumi dan hanya butuh 36 hari untuk mengelilingi bintang induknya. Suhu permukaannya sekitar 300 derajat Farenheit atau 148 derajat Celcius, yang termasuk dingin jika mengingat dekat jaraknya.

“Ini adalah planet kecil terdingin yang berada dalam jarak cukup dekat dengan bintang secemerlang itu,” ungkap Diana Dragomir, peneliti pada Massachusetts Intitute of Technology (MIT) yang terlibat dalam riset itu. Dia pun menduga planet itu adalah planet gas seperti Neptunus dan Uranus di tata surya, meski lapisan gasnya diperkirakan sangat tebal.

Planet LHS 3844b, HD 21749b, dan Pi Mensae c yang ditemukan TESS di luar tata surya. Via exoplanets.nasa.gov

Lalu, ada planet Pi Mensae c yang mengitari induknya dalam 6,3 hari. Ukurannya dua kali bumi, menginduk pada bintang Pi Mensae yang sangat mirip matahari baik ukuran dan masa, serta berjarak sekitar 60 tahun cahaya dari sistem tata surya. “Bintang ini sebelumnya sudah diketahui memiliki planet bernama Pi Mensae b, yang masanya 10 kali lebih besar dari planet Jupiter dan memiliki orbit yang sangat panjang,” jelas Chelsea Huang, juga dari MIT.

Terakhir, ada planet LHS 3844b, merupakan planet batu mirip numi yang butuh 11 jam untuk mengelilingi induknya. Planet ini berjarak 49 tahun cahaya dari bumi, mengitari bintang kerdil yang ukurannya setara dengan seperlima matahari. Huang pun menduga bahwa planet batu tersebut masih diselimuti oleh lahar, mengingat dekatnya jarak antara planet tersebut dengan induknya.

Tapi, sepertinya ketiga planet ini tidak bisa didiami manusia seperti bumi ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Olahraga TruFusion Bikin Jennifer Lopez Terobsesi, Seperti Apakah?

Hentikan Kebiasaan Ngemil Saat Larut Malam dengan Cara Berikut!