in

Anti Ribet! Ini 4 Langkah Mudah Menyulap Ponsel Pintar Jadi Laptop

CakapCakap – Menulis bisa dilakukan di berbagai media seperti mesin tik, kertas, PC hingga smartphone. Smartphone sendiri masuk dalam jajaran ponsel canggih yang kini dimanfaatkan untuk beragam hal termasuk juga menulis. Bisa dikatakan gadget yang hanya segenggaman tangan ini sudah bisa Cakap People fungsikan buat berbagai hal.

Namun, penggunaan smartphone sendiri dirasa kurang praktis karena membuat capek mengingat harus menulis hanya dengan 2 jari. Berbeda jika kamu menggunakan laptop dengan keberadaan keyboard yang melibatkan semua jari dan lebih leluasa mengoperasikannya.

Smartphone via Pixabay

Nah tahukah kamu, jika ponsel pintar ternyata juga bisa dijadikan laptop mini? Jika tertarik, berikut perangkat yang harus kamu siapkan dan ikut saja langkah pengoperasiannya.

1. Siapkan kabel OTG

Kabel OTG via Tribunnews.com

Yang pertama adalah dengan menyiapkan kabel OTG. Kabel OTG merupakan penghubung antara kabel USB serta smartphone. Dengan OTG, smartphone akan dihubungkan dengan keyboard dan juga mouse.

2. USB Hub

USB Hub via Tokopedia.com

Selanjutnya koneksikan USB hub pada kabel OTG yang memiliki lebih dari 1 slot. Fungsinya adalah untuk menyambungkan mouse dan keyboard.

3. Keyboard dan mouse

Microsoft Universal Foldable Wireless Keyboard via Tiki.vn

Jika ada, gunakan keyboard yang fleksibel. Keyboard ini lentur dan bisa dilipat sehingga tidak banyak memakan tempat di dalam tas. Dengan demikian, kamu bisa membawanya kemana-mana dan menggunakannya kapan saja. Lebih praktis lagi bila kamu menggunakan keyboard dan mouse wireless, jika memilikinya.

4. Hubungkan OTG ke USB hub, Mouse, Keyboard serta smartphone

Gabungkan mouse dan keyboard dengan smartphone via Spaceku.com

Jika alat-alat yang perlu disiapkan di atas sudah lengkap semua, kamu bisa mengoneksikan OTG ke beberapa perangkat yang telah disiapkan mulai dari keyboard, mouse, smartphone dan keyboard.

Usai terhubung, maka akan muncul kursor mouse di layar smartphone secara otomatis. Jangan lupa pula untuk menggunakan mini tripod ataupun penunjang lainnya agar smatrphone kamu bisa berdiri layaknya laptop.

Bila sudah selesai semua langkah, maka kamu bisa langsung mengetik di keyboard yang sudah tersambung dengan smartphone kamu. Cukup mudah bukan?

Langkah di atas merupakan solusi bagi kamu yang capek menulis di smartphone menggunakan 2 jari. Langkah di atas, tentu sangat praktis dan mudah dilakukan. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa peralatan di atas dan segera menyambungkannya di kabel OTG yang dibawa.

Terutama jika bahan yang ditulis cukup banyak, maka menjadikan smatrphone menjadi mini laptop tentu akan sangat membantu. Perangkat yang dibutuhkan juga cukup sederhana sehingga tidak memberatkan Cakap People. Bila dibandingkan dengan laptop, perlengkapan ini jauh lebih ringan dibawa kemanapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tenang, Ini 4 Cara Jitu Buat Menghadapi Pacar Pelit Perkara Duit

Ajak Bayi Liburan? Ini 2 Hal yang Wajib Kamu Patuhi!