in ,

Aktivitas Sederhana yang Bisa Jadi Olahraga untuk Si Sibuk

CakapCakap – Banyak orang yang terpaksa melupakan aktivitas olahraga, karena pekerjaan yang sangat menyita waktu. Cakap People yang tinggal di perkotaan pun tentu juga pernah mengalami kondisi tersebut, di mana aktivitas sehari-hari menghabiskan waktu hingga tidak sempat lagi untuk berolahraga. Namun, sebenarnya ada banyak aktivitas sederhana yang bisa menjadi kesempatan berolahraga bagi mereka yang sangat sibuk. Bahkan, tak jarang kamu tidak menyadari aktivitas itu.

Berjalan ke halte bus atau stasiun kereta juga menjadi aktivitas sederhana pengganti olahraga yang jarang disadari. Via today.line.me

Menurut laman Health.Detik.com, berjalan menuju halte bus atau stasiun kereta menjadi aktivitas sederhana yang dilakukan sehari-hari, dan bisa menjadi pengganti olahraga. Berjalan kaki memang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit degeneratif mulai dari tekanan darah tinggi, diabetes, hingga penyakit jantung. Kemudian, berdiri di peron kereta pun ternyata juga bisa menjadi aktivitas olahraga sederhana. Pasalnya, dengan berdiri dapat membantu menurunkan risiko obesitas, kolesterol, kadar gula dalam darah, hingga mencegah risiko kanker.

Ketika bekerja, aktivitas peregangan atau stretching yang dilakukan pada periode waktu tertentu, karena tubuh sudah merasa lelah setelah duduk terlalu lama, juga bisa menjadi aktivitas olahraga. Dengan melakukan peregangan minimal 10 menit, selain tubuh jadi tidak kaku, juga bisa membantu memperlancar sirkulasi darah, serta mengurangi ketegangan otot dan sakit leher. Mandi sepulang kerja juga punya manfaat kesehatan, karena bisa menurunkan tekanan darah, dan sebagai relaksasi.

Membiasakan menaiki tangga di kantor juga bisa menjadi aktivitas sederhana pengganti olahraga. Via breaktime.co.id

Sementara itu, laman Liputan6.com juga menyebut aktivitas menaiki tangga di kantor juga bisa jadi aktivitas olahraga yang sangat sederhana. Jika kebanyakan orang lebih memilih naik lift, meskipun hanya naik satu lantai, maka mulai dari sekarang sebaiknya biasakan naik tangga, karena bermanfaat memperkuat otot kaki dan meningkatkan pernapasan. Selain itu, membantu melakukan pekerjaan rumah tangga, seperti mengepel, menyapu dan mengatur dapur, juga bisa jadi pilihan aktivitas fisik.

Jika tinggal di kawasan yang tidak terlalu jauh dari kantor, kamu juga bisa mencoba untuk bersepeda ke lokasi kerja, sehingga waktu dalam perjalanan bisa jadi aktivitas fisik sebagai pengganti olahraga. Apalagi, saat ini sudah ada banyak komunitas bike to work. Nah, Cakap People juga bisa mencoba!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hati-Hati! Simpan Konten ISIS di HP Bisa Dipenjara di Malaysia

Wajib Tahu! Ini Olahraga Rahasia untuk Mengatasi Perut Buncit