in ,

Abadikan Kenangan Stephen Hawking pada Uang Koin Inggris, Begini Penampakannya

CakapCakap – Stephen Hawking merupakan salah satu fisikawan teoritis, pengarang serta kosmologi dunia. Dalam memperingati meninggalnya Stephen Hawking, pemerintah mengabadikannya ke dalam bentuk mata uang koin. Wah, bakal seperti apa ya, Cakap People?

Kabarnya Royal Mint yang merupakan pencetak uang koin yang diedarkan di Britania Raya ini akan menampilkan wajah mendiang fisikawan Stephen Hawking ke dalam uang koin yang bernilai 50 Pence. Uang koin ini juga menjadi alat pembayaran sah di negara Britania tersebut.

Stephen Hawking via Mashable.com

Rupanya koin tersebut bergambar ilustrasi black hole dan bertuliskan nama Stephen Hawking. Desain koin ini juga telah disetujui oleh putri Stephen Hawking, Lucy. Koin ini mulai didistribusikan secara massal pada tanggal 12 Maret lalu alias 2 hari sebelum peringatan tepat setahun kematian dari ilmuwan jenius ini terjadi.

Di antara semua ilmuwan yang ada, Stephen Hawking menjadi ilmuwan pertama yang namanya diabadikan ke dalam bentuk uang koin di negara Britania Raya dalam kurun waktu setahun setelah kematian sang ilmuwan.

Stephen Hawking sendiri menjadi sosok ketiga yang mendapatkan kehormatan tersebut setelah sebelumnya Perdana Menteri Inggris yakni Winston Churchill dan Queen Mother yakni ibu dari Ratu Elizabeth yang memimpin negara Inggris saat ini.

Meski demikian, hingga kini belum ada penampakan resmi dari bentuk uang koin sang ilmuwan. Adapun sebuah situs dengan nama Coin Hunter Limited, merilis mock up dari alat pembayaran yang satu ini. Meski demikian, produk ini memiliki sedikit perbedaan dengan koin asli yang dibuat dari pencetak aslinya yakni Royal Mint.

Stephen Hawking merupakan salah satu ilmuwan dunia yang lahir pada 8 Januari 1942. Ia menempuh pendidikan di St Albans Scholl, Heatfordshire. Stephen Hawking juga dikenal atas  beberapa karyanya seperti Ruang Gibbons-Hawking, Efek Gibbons-Hawking, Batas Gibbons-Hawking-York, Teorema Penrose-Hawking, Radiasi Hawking serta Ansatz Gibbons-Hawking dan lain sebagainya.

Selama hidupnya, Sthepen Hawking juga mendapatkan banyak penghargaan seperti penghargaan  Adam Prize, Maxwell Medal and Prize, Hughes Medal, RAS Gold Medal, Wolf Prize, Naylor Prize and Lectureship, Fundamental Medal of Freedom, BBVA Foundation Frontries of Knowlegde Award, Fundamental Physics Prize dan lain sebagainya. Ilmuwan ini meninggal pada tanggal 14 maret 2018 yang lalu.

Wah, patut diapresiasi ya, Cakap People! Jika melihat sosok ilmuwan satu ini memang pantas sekali mendapatkan penghargaan demikian, mengingat ada banyak hal yang sudah diberikan terkait ilmu pengetahuan. Setuju bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Inilah Dua Wanita yang Kabarnya Akan Membawa Kembali Iron Man ke Bumi

Janger, Tarian yang Menangkan Festival Folklore di Amsterdam