in

Dua Negara Besar Ini Luncurkan Jaringan 5G Pertama Dunia, Indonesia Kapan?

CakapCakap – Amerika Serikat dan Korea Selatan meluncurkan layanan komersial 5G pertama di dunia. Layanan ini menjanjikan gelombang dengan kemampuan baru untuk para pengguna smartphone. Samsung yang mulai menjual S10 5G juga menyatakan jika perangkatnya menawarkan kecepatan hingga 20 kali lebih cepat dibandingkan ponsel yang ada saat ini lho, Cakap People!

Negara-negara juga berlomba untuk membangun jairngan 5G yang dianggap sangat penting untuk teknologi masa depan seperti halnya mobil tanpa pengemudi. Tidak hanya itu namun mereka juga berusaha untuk menyelesaikan masalah keamanan yang berkaitan dengan berbagai jaringan.

Mengenai Jaringan 5G

Ilustrasi jaringan 5G via kompas.com

Sekedar informasi, 5G adalah jaringan koneksi sululer yang merupakan generasi ke-5. Pengguna bisa mengakses data lebih cepat dengan tingkat kelambanan yang minim. Jaringan ini juga menjanjikan jangkauan secara lebih luas namun koneksi yang stabil.

Ed Barton seorang analisis televisi dan hiburan dari lembaga Ovum mengatakan jika saat ini perubahan dari jaringan 4G menuju 5G akan menjadi signifikan. Ia juga mengatakan jika generasi pertama yani 1G memiliki kemampuan dalam suara sedangkan 2G memiliki kelebihan untuk mengirim teks dan 3G untuk gambar ataupun jenis foto statis. Sementara 4G bagus untuk mengaktifkan video.

“Kami mengharapkan jika lompatan dari 4G menuju 5G menjadi lompatan yang lebih besar dari sebelumnya,” papar Ed Barton.

5G menghadirkan streaming yang kualitas yang lebih tinggi serta berkemampuan untuk streaming langsung pada audient yang lebih besar serta pengalaman yang lebih baik.

Kecanggihan jaringan 5G via computerworld.com

Barton mengatakan jika 5G akan memiliki lebih banyak kemampuan seperti halnya aplikasi untuk pemetaan yang lebih baik serta pengalaman untuk berbelanja. 5G juga menjadi bagian yang penting untuk membuat mobil tanpa pengemudi.

5G juga memiliki kemampuan yang sangat luas mulai dari operasi untuk jarak jauh sampai panggilan video hologram.

“Ini seperti halnya ketika tak ada seorang pun yang dapat meramalkan bahwa keberadaan ponsel dengan pembayaran serta lokasi akan memunculkan uber,” ujarnya.

Teknologi 5G sendiri telah diuji di seluruh dunia namun aplikasinya baru saja tersedia. Nah, siap belum Cakap People menikmati ketangguhan jaringan 5G ini? Kira-kira kapan ya Indonesia secara resmi turut mengaplikasikannya?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Katie Bouman, Perempuan Muda Dibalik Foto Black Hole (Lubang Hitam) Pertama Dalam Sejarah

Ingin Memakai Make Up dan Skincare Halal? Berikut Rekomendasinya!