in ,

5 Tanda Kamu Sedang Dikerjai Montir Nakal, Segera Waspada!

CakapCakap – Bengkel non resmi memiliki peminat yang tidak kalah banyaknya dari bengkel resmi. Bahkan biasanya pengerjaan yang dilakukan bengkel ini juga tidak kalah baiknya. Sayangnya, bengkel non resmi terkadang berbuat nakal yang tidak Cakap People sadari sebagai pemilik motor.

Penting bagimu untuk mengenali tanda-tanda jika kamu tengah dinakali para montir tidak bertanggung jawab seperti berikut ini.

Asal ganti part tanpa persetujuan sebelumnya

Ilustrasi montir sedang perbaiki mobil. Gambar oleh RyanMcGuire dari Pixabay

Ada beberapa montir nakal yang terkadang asal ganti part tanpa minta persetujuanmu terlebih dahulu. Jika menemukan montir yang seperti ini, ada baiknya untuk tidak takut dalam bertanya. Jangan sampai tangan-tangan usil mereka membuatmu membayar lebih untuk hal yang tidak kamu perlukan.

Disebut rusak parah padahal kamu tidak merasa demikian

Jika motor mulai diservis, montir akan melakukan pengecakan bagian kendaraan satu per satu. Beberapa montir akan menakut-nakutimu dengan alasan banyak bagian yang harus diganti karena telah rusak parah. Jika merasa ragu, kamu berhak untuk menolak mengganti part yang ditandai mengalami kerusakan dan membawa motor ke bengkel yang resmi.

Tidak adanya penjelasan rinci mengenai motor

Ilustrasi montir. Gambar oleh Tuna Ölger dari Pixabay

Jika si montir tidak terlalu terbuka atas beberapa kondisi motormu yang sebenarnya, ada baiknya kamu bersikap waspada. Aktiflah dalam bertanya, sehingga kamu bisa memperhitungkan sendiri mana bagian yang perlu diganti ataupun yang harus diperbaiki.

Mengerjakan part namun tidak sesusai keluhan

Hal semacam ini cukup sering terjadi di bengkel yang tidak resmi. Ada kalanya ketika pemilik ingin ganti beberapa part kecil saja namun karena rayuan oleh montir, pemilik akhirnya harus membayar lebih untuk melakukan pergantian sparepart.

Merekomendasikan penggunaan suku cadang tanpa merek

Ilustrasi reparasi. Gambar oleh Alexas_Fotos dari Pixabay

Saat menggantu part, montir terkadang menawarkan beberapa merek yang tidak diketahui. Mortir yang seperti ini biasanya menjual suku cadang yang justru tidak terlalu laku di pasaran.

Jangan sampai kamu membayar lebih untuk sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan ya. Jika mendapati kondisi di atas, sebaiknya Cakap People bersikap teliti dan waspada untuk menghindari kecurangan yang dilakukan oleh montir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Angka 13 Dibilang Sial, Sebenarnya dari Mana Asal Mitos Ini?

Ini Dia Perbandingan Tarif Ojek Online di Indonesia dan Thailand