in ,

5 Padang Rumput Menakjubkan yang Bisa Ditemukan di Indonesia

CakapCakap – Seluruh rakyat Indonesia sudah sepatutnya bersyukur dengan letak geografis Indonesia yang berada di garis khatulistiwa. Iklim tropis dua musim pastinya memberikan dampak yang berbeda bagi perkembangan tumbuhan dan alam Indonesia dibandingkan dengan negara atau benua yang tak memiliki iklim tropis. Dampaknya sangat jelas, Indonesia memiliki banyak sekali dataran subur, hijau, dan lembab sehingga menghasilkan panorama cantik di beberapa wilayah. Ternyata jika ditelusuri lagi, Indonesia memiliki banyak sekali padang rumput yang jadi salah satu kekayaan alam Indonesia yang menakjubkan. Pastinya Cakap people akan berdecak kagum setelah tahu tentang pesona padang rumput ini. Beberapa diantaranya telah disentuh oleh pengelolaan wisata yang baik, sedangkan yang lain masih jadi harta karun tersembunyi yang siap untuk disebarkan ke seluruh dunia.

Jika kamu adalah seorang petualang yang suka dengan pemandangan alam asri ala padang rumput, maka 5 padang rumput ini harus kamu datangi.

1. Savana Bekol

Savana Bekol
https://www.catatannobi.com/2015/08/savana-bekol-baluran.html

Berada dalam kawasan Taman Nasional Baluran di Jawa Timur, banyak yang bilang jika Savana Bekol ini mirip dengan padang Afrika. Area ini berada di wilayah Situbondo dan juga Banyuwangi. Jadi jika kamu ingin mengunjungi Taman Nasional Baluran ini, ada baiknya kamu mulai dari kota terdekat yaitu Situbondo ataupun Banyuwangi. Tentu kota besar yang paling dekat adalah Kota Surabaya dengan Bandara Juanda sebagai persinggahan. Di Savana Bekol ini telah disediakan gardu pandang untuk membantu para pengunjung mengamati situasi di sekitarnya. Ada banyak satwa liar yang bisa ditemui di taman nasional ini. Sebuah kekayaan alam yang juga bisa dibandingkan dengan wisata alam lain di luar negeri.

2. Oro-Oro Ombo

Oro-oro ombo via tripadvisor.com

Sebagai salah satu gunung yang populer dan salah satu destinasi favorit para pendaki Indonesia, tentu saja Gunung Semeru punya sejuta keindahan yang siap menarik hati siapapun untuk datang kembali lagi. Salah satu tempat istimewa yang membuat pendakian ke Gunung Semeru terasa begitu mengasyikkan adalah Oro-Oro Ombo. Padang rumput luas dengan hamparan bunga warna ungu yang berada di sebelah Tanjakan Cinta. Berada di sekitar Danau Ranu Kumbolo, kawasan Oro-Oro Ombo ini akan memberikan suasana yang sangat cantik ketika musim bunga mekar. Bunga-bunga ungu di padang rumput ini akan memberikan sensasi berbeda ketika kamu menyapu pandangan ke segala arah.

3. Padang Rumput Cikasur

Padang Rumput Cikasur
https://www.teluklove.com/2016/10/pesona-keindahan-wisata-padang-rumput.html

Padang Rumput Cikasur bisa di temui oleh para pendaki yang melewati trek menuju puncak Gunung Argopuro. Selain puncak gunungnya, Padang Rumput Cikasur ini adalah salah satu destinasi utama para pendaki. Pemandangan indah sejauh mata memandang bisa menjadi obat pelepas lelah sementara sebelum melanjutkan perjalanan kembali. Jika kamu datang ke tempat ini pada musim hujan, maka kamu akan melihat hamparan hijau yang menenangkan. Tapi pada saat musim kemarau panjang, tempat ini terlihat sangat gersang. Sebuah sungai yang mengalir di sisi padang rumput ini semakin membuat suasana seperti dalam buku cerita. Untuk bisa mendaki Padang Rumput Cikasur ini, kamu bisa melakukan perjalanan darat menuju Desa Baderan, Kabupaten Situbondo, Jawa timur.

4. Padang Cidaon

Padang Cidaon via lesprivatembun.blogspot.com

Padang Cidaon adalah sebuah padang rumput yang ada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Kamu bisa melihat satwa-satwa liar dari gardu pandang sambil menikmati indahnya hamparan rumput hijau yang luas. Dengan luas sekitar 4 hektar, dan kamu harus menaiki boat dari Pulau Peucang untuk bisa sampai di sini. Sebuah pengalaman menarik yang bisa kamu dapatkan di Taman Nasional Ujung Kulon. Bagi kamu yang sedang berada di Jakarta, tentu saja menuju Provinsi Banten tidak terlalu sulit untuk kemudian mengeksplorasi Taman Nasiona Ujung Kulon ini.

5. Padang Mangateh

Padang Mangateh
https://www.infosumbar.net/artikel/dilema-wisata-padang-mangateh/

Padang Mangateh berada di kaki Gunung Sago di Kecamatan Luak, Provinsi Sumatera Barat. Dengan luas sekitar 280 hektar, padang rumput yang luas ini berisi 1.250 ekor sapi yang dibiarkan hidup bebas. Tempat ini merupakan Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijau Pakan Ternak Padang Mengatas, atau yang lebih familarnya disebut sebagai Padang Mangateh. Peternakan sapi di Padang Mangateh ini ternyata sudah ada sejak tahun 1916 dan hingga saat ini masih aktif digunakan. Warga setempat pun sering menjadikan padang rumput ini sebagai tempat menghabiskan waktu dan mengusir penat karena keindahannya dan juga ketenangannya. Sekilas memang tempat ini mirip dengan padang rumput dan suasana yang ada di Selandia Baru.

5 padang rumput di atas adalah bukti bahwa alam Indonesia sangat kaya. Sudah seharusnya kita menjaga, melestarikan, dan juga mengenalkannya kepada dunia agar semakin banyak orang yang yakin dan cinta pada Indonesia karena keindahan alam yang dimilikinya. Cakap people, apakah kamu sudah memutuskan untuk mengunjungi salah satunya?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wow! 4 Jeans Termahal di Dunia Ini Bisa Bikin Kantong Tipis

Tahukah Kalian? Bambu Punya Makna Tersendiri bagi Toraja