in ,

5 Oleh-oleh Manado yang Paling Ciamik Untuk Dibawa Pulang

CakapCakap – Berbicara tentang Manado, pastinya salah satu kata yang tersirat adalah Bunaken. Ya, memang Bunaken adalah salah satu destinasi wisata yang membuat Manado banyak dikunjungi turis lokal maupun mancanegara. Keindahan dunia bawah lautnya memang layak diacungi jempol dan dieksplorasi. Cakap people tidak akan menyesal sudah terbang ke Manado untuk mengunjungi Bunaken. Tapi ternyata Manado tidak terkenal karena Bunaken saja, ada banyak sajian kuliner yang bisa kamu dapatkan di sini. Menu-menu khas ini hanya ada di kawasan Manado dan cocok sekali dijadikan oleh-oleh khas Manado. Jika kamu sedang merencanakan liburan ke Manado, jangan lewatkan 5 oleh-oleh ini untuk dibawa pulang saat anda baru dari Manado.

1. Dodol amurang

Dodol amurang
https://ksmtour.com/pusat-oleh-oleh/oleh-oleh-khas-manado/dodol-amurang-kenyal-legit-dan-manis-khas-manado.html

Dodol Amurang termasuk ke dalam makanan tradisional wajib ada dalam acara tradisional seperti syukuran masyarakat Manado. Dodol Amurang ini sering dijumpai di Kabupaten Minahasa Selatan yang terkenal sebagai sentra penghasil Dodol Amurang. Bahan dasarnya adalah gula aren, beras ketan yang dihaluskan, minyak kelapa murni yang belum disaring, kacang, serta kayu manis. Bahan-bahan yang telah menjadi adonan kemudian dibungkus menggunakan daun kelapa dan dikukus dengan suhu 120 derajat celcius. Karena menjadi makanan wajib masyarakat lokal, kamu bisa menjumpai Dodol Amurang dan membelinya dengan harga terjangkau mulai dari 500 sampai 5.000 rupiah.

2. Pala manis

Pala Manis via blogunik.com

Pala manis khas Manado sudah terkenal di Malaysia dan sudah diekspor secara berkala ke negara tetangga. Kudapan khas Manado ini memiliki tampilan yang sedikit berbeda dengan manisa pala biasanya. Pala Manis khas Manado ini dibuat dari buah pala dengan cairan gula sebagai pemanisnya. Teksturnya pun menjadi lebih mengkilap dan lebih bersih. Ini tentu berbeda dengan pala manis dari daerah lain yang menggunakan gula pasir sebagai pemanisnya. Satu bungkusnya biasanya dijual berkisar dengan harga 40 ribu rupiah. Karena sangat populer, tentunya tak sulit menemukan Pala manis ini di toko-toko oleh-oleh khas Manado ataupun di outlet Bandara Sam Ratulangi.

3. Klappertaart

Klappertaart
http://www.pegipegi.com/jelajahi-indonesiamu/sulawesi/kenalan-dengan-klappertaart-camilan-khas-manado

Sebenarnya Klappertaart yang ada di Manado ini adalah kue khas belanda yang telah mendapatkan sentuhan lokal khas budaya Indonesia. Dari namanya, Klappertaart berarti kue kelapa dan pastinya kamu akan mendapatkan sensasi kelapa di dalamnya. Bahan dasarnya seperti kelapa muda, tepung, gula, susu, margarin, dan air kelapa, sudah cukup membuat kamu berangan-angan dengan rasanya. Tekstur lembut dan rasa yang manis akan langsung menyambut anda di gigitan pertama. Jika kamu ingin menjadikannya oleh-oleh, jangan khawatir karena makanan ini tahan hingga 12 jam dengan penyimpanan yang benar. Simpan di suhu dingin dengan bungkus yang rapat.

4. Sambal roa

Sambel Roa via burpple.com

Pecinta masakan pedas boleh bergembira ketika berada di Manado karena wilayah ini punya sambal khas yang menggugah seleramu. Sambal Roa sudah terkenal di Indonesia dan memiliki penikmat tersendiri. Sambal ini terbuat dari ikan roa yang telah diasap lalu dihancurkan hingga halus. Ikan roa yang sudah halus ini lalu dimasak bersama bumbu dan minyak. Biasanya masyarakat Manado melahap sambal roa dengan bubur Manado atau tambahan bersama nasi putih. Bagi kamu yang ingin membawa kelezatan sambal roa ke rumah, tak perlu khawatir karena dengan penyimpanan yang tepat, sambal roa ini bisa bertahan hingga enam bulan dalam suhu ruangan. Sedangkan dalam suhu dingin bisa disimpan hingga satu tahun. Kamu bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh dengan bentuk kemasan praktis dengan harga sekitar 50 ribuan.

5. Halua kenari

Halua kenari
http://www.masakandapurku.com/2016/01/resep-membuat-halua-kenari-khas.html

Kue ini merupakan kue khas Manado yang cukup populer. Dijamin kamu tidak akan kesulitan mencari Halua Kenari di wilayah Manado. Bahan dasar kacang kenari memang diunggulkan karena merupakan hasil ladang dari masyarakat Sulawesi Utara. Dengan harga 10 ribu rupiah hingga 45 ribu rupiah, kamu sudah bisa mendapatkannya di toko camilan dan pusat oleh-oleh khas Manado. Biasanya Halua Kenari ini dinikmati sambil ditemani oleh secangkir teh atau kopi. Camilan kacang khas Manado yang layak dijadikan oleh-oleh saat pulang dari Manado.

Setelah puas menikmati suasana indah Manado, Cakap people bisa pulang dengan senang hati sambil membawa 5 oleh-oleh khas Manado di atas. Yuk siapkan rencana liburan ke Manado sekarang juga!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Olahraga Jalan Kaki Ternyata Sangat Bagus untuk Daya Ingat

Ini Dia 4 Minuman Terbaik Bagi Menu Sarapan!