in ,

5 Kegiatan Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Kota Solo

CakapCakap – Solo adalah kota yang sangat pekat nuansa Jawa-nya. Hampir di setiap sudut kota terdapat atribut Jawa mulai dari bangunan-bangunan kuno, budaya masyarakatnya, hingga pola kehidupan yang sangat bersahaja sangat nyaman untuk ditinggali. Kota ini sangat cocok dijadikan destinasi tamasya keluarga dan anak-anak yang ramah. Tak perlu mengeluarkan banyak biaya, Solo punya spot-spot menarik dan juga kegiatan sederhana yang membuat berjalan-jalan di Solo jadi sangat mengasikkan. Jika Cakap people punya dana terbatas dan waktu yang tak terlalu banyak, ternyata Solo bisa dijadikan pelepas penat dengan melakukan berbagai kegiatan dan mengunjungi tempat-tempat sederhananya. Bila hanya sekedar mampir seharian di Solo, berikut ini beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di Solo dengan biaya murah.

1. Menelusuri Keraton Surakarta

Keraton Surakarta
http://okberita.com/2017/08/03/keraton-surakarta-diharuskan-buat-struktur-organisasi/

Berada di pusat Kota Solo,Keraton Surakarta sangat mudah diakses dan kamu dijamin tidak akan tersesat saat mencarinya karena seluruh masyarakat Solo akan menunjukkan arah yang benar jika kamu bertanya. Keraton Surakarta adalah destinasi yang tepat untuk melakukan penelusuran wisata sejarah dan juga edukasi bagi anak-anak dan mahasiswa. Kamu bisa melihat spot-spot unik bernilai sejarah di area keraton. Setiap hari Keraton Surakarta ini tak pernah sepi pengunjung untuk melihat-lihat, mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara. Bahkan Keraton Solo ini juga menjadi salah satu landmark wajib bagi para wisatawan yang datang ke Solo.

2. Naik kereta api uap

Nikmati suasana asri dan nyamannya Kota Solo dari atas kereta api uap klasik. Kereta yang digunakan adalah kereta uap berbahan bakar kayu yang saat ini difungsikan kembali menjadi kereta wisata. Terdiri dari dua gerbong utama, kereta api uap ini mampu menampung hingga 72 penumpang dengan kecepatan maksimal 50 km/jam. Untuk bisa menikmati suasana kota Solo dari atas kereta ini, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar 150 ribu rupiah untuk satu orang penumpang dewasa. Rutenya pun cukup panjang yaitu mulai dari Stasiun Purwosari hingga Stasiun Kota Solo dan melewati Jalan Slamet Riyadi. Tak jarang kereta uap yang melintas ini juga jadi tontonan pengemudi jalan raya karena rel yang langsung berbatasan dengan jalan-jalan utama kota Solo tanpa pembatas dan pengamanan.

3. Mengeksplor Taman Sriwedari

Taman Sri Wedari
https://travel.detik.com/domestic-destination/d-3483517/santai-sore-di-sejuknya-taman-sriwedari-solo

Masih berkaitan dengan Keraton Surakarta, Taman Sriwedari adalah tempat rekreasi keluarga kerajaan Keraton Surakarta pada masa lalu. Saat ini taman ini menjadi pusat kesenian dan pasar tradisional yang juga ikonik. Beberapa pagelaran pertunjukan seni dan hiburan lokal sering diadakan di sini seperti pementasan cerita Ramayana dan Mahabarata. Satu lagi destinasi asik yang mudah dijangkau dan tentu saja sarat akan nilai budaya dan edukasi.

4. Berenang di Pandawa Water World

Pandawa Water World Solo adalah wahana bermain air yang cukup populer di Solo dan sekitarnya. Bisa dibilang dengan luas area yang cukup besar, taman air ini jadi spot yang dikunjungi tidak hanya dari warga lokal Solo sendiri, tapi dari kota-kota di sekitarnya. Berada di Jalan Cernaya Raya Solo Baru, Pandawa Water World menyuguhkan petualangan air yang seru dengan berbagai wahana di dalamnya. Ditambah lagi konsep patung-patung dewa dalam cerita Pandawa pun turut menghiasi interiornya. Wahana ini dibuka dari Senin hingga Jumat mulai pukul 10 pagi hingga pukul 6 sore, serta di hari Sabtu dan Minggu buka pukul 8 pagi hingga 6 sore.

5. Menikmati wisata kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman
https://www.raparapa.com/batik-pekalongan-yang-perlu-kamu-jelajahi/kampung-batik-kauman/

Beberapa wilayah yang kental budaya Jawa-nya pasti memiliki kain batik khas milik wilayahnya masing-masing dan tak terkecuali wilayah Solo. Jika kamu penasaran dengan batik-batik khas Solo, bisa langsung datang ke Kampung Kauman. Saat ini Kauman sudah dikenal sebagai kampung batik dan kamu akan dimanja dengan aneka batik hasil olahan sendiri. Kampung batik Kauman berada di jalan Trisula, Kauman Timur. Batik-batik yang diproduksi di Kampung Kauman ini berbeda dengan batik Yogyakarta atau batik dari Pekalongan. Batik Solo khas Kauman ini memiliki warna yang lebih terang dan motif-motif yang lebih banyak dan rapat. Para pecinta batik pasti tahu bedanya dan ingin menambah koleksi-koleksi batik dari kampung Kauman ini.

Meski hanya sekedar mampir, pastinya mendatangi 5 tempat tersebut sudah menjadi pengalaman wisata menarik bagi kamu dan teman-teman lho, Cakap people!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Banyak Hal Tak Terduga Darimu Ini Dianggap Cantik oleh Pria, Ini Daftarnya!

Maria Ozawa Bakal Ke Bali, Netizen Indonesia Heboh!