in

4 Masalah Ini Biasa Terjadi pada Smartphone Android

CakapCakap – Android merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan. Bahkan, hampir setiap ponsel mengusung sistem operasi yang satu ini. Hal tersebut tentu bukan rahasia lagi. Terlebih Android memang memiliki fitur-fitur yang bisa memudahkan para penggunanya. Namun, meskipun terbilang banyak digunakan bukan berarti sistem operasi Android terbebas begitu saja dari yang namanya masalah Cakap Poeple.

Sebab, sistem operasi yang satu ini juga memiliki masalah umum. Bahkan, sering terjadi di smartphone pada umumnya. Berikut beberapa masalah yang muncul di smartphone berbasis Android!

1. Smartphone dalam kondisi panas

Smartphone bersuhu panas via Plukme.com

Gangguan berikut sangat umum terjadi pada smartphone dengan sistem operasi Android. Tetapi, tak jarang iPhone juga mengalami keadaan yang serupa. Lantas, apa penyebabnya? Bisa dipicu oleh kerja keras yang dilakukan mesin pada smartphone guna menjalankan aplikasi tertentu. Alhasil ponsel menjadi panas. Misalnya saja kamu menjalankan game cukup lama. Maka lambat laun ponsel akan memanas bukan? Apalagi ada aplikasi lain yang juga sedang bekerja.

2. Menyala tapi tak dapat digunakan

Ponsel bisa menyala namun tak dapat dijalankan via Androbuntu.com

Kondisi ini dapat terjadi karena diakibatkan oleh memori smartphone yang penuh. Sehingga aplikasi tak dapat dijalankan. Akhirnya smartphone berada dalam kondisi hang. Di mana tetap menyala namun tak bisa digunakan. Kamu dapat mengecek RAM atau jumlah memori. Apabila jumlah memori memang terlalu berat, maka ada baiknya jika kamu mengurangi sedikit aplikasi yang ada.

3. Aplikasi keluar dengan sendirinya

Sayangnya, aplikasi telah berhenti via Spaceku.com

Apa kamu pernah mengalami masalah yang satu ini? Banyak pengguna yang merasakan masalah berikut. Hal ini bisa saja disebabkan lantaran aplikasi rusak atau tak kompatibel dengan spesifikasi dari smartphone yang kamu gunakan. Ada pula kemungkinan jika jumlah memori kamu tak memenuhi syarat guna mengoperasikan aplikasi tersebut.

4. Bootloop

Mengalami bootloop dan perlu di-flash via Selular.id

Apa itu bootloop? Berikut ini merupakan situasi di mana smartphone hanya bersedia dinyalakan sampai logonya keluar. Lebih dari itu smartphone akan kembali mati. Bahkan, kegiatan menyala sampai logonya saja ini dapat berulang-ulang terjadi. Umumnya masalah ini disebabkan karena sistem operasi Android mengalami kerusakan. Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan flash atau instal ulang. Kondisi yang paling buruk dapat mengakibatkan eMMC ponsel mengalami kerusakan. Jika itu terjadi maka biaya guna perbaikannya terbilang mahal.

4 kondisi di atas biasa terjadi pada smartphone yang mengusung sistem operasi Android. Mungkin Cakap People pernah mengalami kejadian yang serupa? Tampaknya masalah-masalah di atas bisa kamu atasi dengan cara yang diuraikan. Jika masalah tetap berlanjut maka kamu dapat membawa smartphone tersebut ke ahlinya agar dibetulkan.

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Motor Sulit Menyala Saat Pagi? Kamu Wajib Cek 3 Komponen Berikut!

4 Desain Kendaraan di Masa Depan Ini Terbilang ‘Nyeleneh’!