in

4 Manfaat Minum Asam Jawa saat Haid!

CakapCakap – Haid merupakan suatu kejadian di mana dapat mengubah wanita secara total. Sebab, ketika haid berlangsung, maka wanita dapat berubah jadi lebih sensitif, mudah marah hingga tak jarang  jadi sosok yang galak. Hal tersebut dapat disebabkan oleh perubahan hormon selama haid Cakap People. Selain itu, ketika proses haid berlangsung timbul beberapa rasa seperti nyeri dan sakit yang terbilang menyiksa.

Oleh karena itu, tak jarang wanita menjadi lebih sensitif. Namun, sebenarnya terdapat bahan alami yang dapat meminimalisir rasa nyeri saat datang bulan tersebut. Permasalahan haid tak teratur pun juga bisa diatasi dengan bahan alami ini. Apa bahan alami tersebut? Tak lain ialah asam jawa. Kamu dapat mengonsumsi asam jawa sebelum atau pun sesudah haid. Berikut 4 manfaat yang bisa kamu petik di kala mengonsumsi asam jawa saat haid!

1. Membantu mengurangi rasa nyeri

Mengurangi rasa nyeri saat menstruasi via Hellosehat.com

Rasa nyeri saat haid atau menstruasi biasanya terjadi akibat adanya kontraksi halus di area otot dinding rahim. Ketika tidak sedang haid, maka kontraksi tersebut tak akan begitu terasa. Namun, kontraksi akan jauh terasa kuat apabila datang bulan sedang tiba. Sebab, dinding rahim sedang dalam fase peluruhan. Alhasil pembuluh darah yang berada di area rahim pun akan secara otomatis tertekan oleh kontraksi.

Cara mengatasi rasa nyeri tersebut bisa dengan mengonsumsi daun asam jawa. Cari segenggam daun asam jawa yang masih muda. Kemudian, gunakan kunyit sebanyak 2 jari rimpang. Lantas padukan bahan-bahan tersebut untuk ditumbuk hingga halus. Kemudian berikan 1 gelas air matang pada tumbukan tersebut, lalu saring dan minum.

2. Membuat penggumpalan darah jadi encer

Mengencerkan kembali darah yang menggumpal via Hellosehat.com

Mayoritas wanita pasti merasa jika darah haid yang keluar berbentuk gumpalan, bukannya encer. Guna mengatasi hal tersebut maka kamu dapat meminum asam jawa. Terkadang, rasa nyeri yang timbul saat haid pun dapat dikarenakan penggumpalan darah tersebut. Agar lebih praktis, kamu dapat memburu obat atau minuman yang terkandung asam jawa di dalamnya.

3. Melancarkan datangnya tamu bulanan

Bisa membantu melancarkan jalannya haid via Lifestyle.okezone.com

Asam jawa merupakan salah satu bumbu dapur yang terkenal akibat rasa asamnya. Walau demikian, ia dapat menyelesaikan permasalahan haid datang di waktu yang tak teratur. Cara untuk mengolahnya pun cukup mudah. Pertama, rendam asam jawa secukupnya di dalam air hangat dalam kurun waktu 1 jam. Kemudian berikan sedikit garam dan 1 sendok makan gula. Kemudian, teguk air asam jawa tersebut. Kamu dapat mengonsumsinya 2 kali sehari.

4. Membuat bau anyir hilang

Menghilangkan bau anyir via Hellosehat.com

Saat tamu bulanan sedang datang, maka terdapat pula masalah seperti bau anyir. Tentu hal tersebut menjadikan kamu tak nyaman. Oleh karena itu, kamu dapat mengandalkan asam jawa guna menghilangkan bau anyir tersebut. Mula-mula, kamu perlu mempersiapkan asam jawa dengan ukuran sebesar ibu jari, gula aren iris serta temulawak 10 iris. Gunakan 1 gelas air dan seduh bahan-bahan tersebut dengan air panas. Aduk hingga bahan tercampur rata. Jika sudah siap kamu dapat menyaring kemudian meminumnya.

Haid merupakan suatu fenomena bulanan yang memberikan aneka sensasi rasa pada wanita Cakap People. Ada yang punya waktu haid tak teratur, terlampau nyeri hingga masalah lain. Agaknya, beberapa masalah tersebut dapat kamu atasi dengan konsumsi asam jawa. Kamu dapat mengolah asam jawa jadi minuman berkhasiat dan mengonsumsinya di kala tamu bulanan sedang singgah.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Wow! Sepeda Motor Ini Ternyata Mampu Kalahkan Ferrari

Konsumsi Air Putih di 5 Waktu Ini Kurang Disarankan lho, Simak Penjelasannya!