in ,

4 Kue Tradisional Ini Terbuat dari Singkong loh, Lezat dan Bikin Nagih!

CakapCakap – Bukan rahasia lagi jika Indonesia merupakan salah satu negara dengan aneka menu kuliner yang lezat dan menggigit. Bahkan, negara kita ini juga cukup kaya akan rempah dan bahan makanan itu sendiri Cakap People. Alhasil, kekayaan tersebut kemudian dimanfaatkan guna diolah menjadi aneka ragam menu kuliner bercita rasa khas Nusantara.

Salah satu bahan makanan yang cukup terkenal di Tanah Air ialah singkong. Sebab, bahan makanan ini terbilang banyak ditanam oleh masyarakat dan diolah sendiri jadi jenis kuliner yang menggoda. Terdapat beberapa olahan kuliner yang berbahan singkong. Bahkan, hampir setiap wilayah di Indonesia mengolah singkong dengan berbeda-beda. Namun, rasanya tetap enak dan bikin nagih!

1. Sawut

Terbuat dari singkong yang direbus dengan gula merah via Cookpad.com

Sawut merupakan kuliner berbahan singkong yang berasal dari Yogyakarta. Biasanya kue berikut banyak dijumpai di pasar tradisional yang ada di Jogja. Jajanan tradisional ini terbuat dari singkong yang dipasah kemudian dikukus menggunakan gula jawa. Nama kuliner ini berasal dari bahasa Jawa yang berarti semrawut atau berantakan.

2. Kue Jongkong

Olahan singkong khas Semarang via Selmawahida.blogspot.com

Semarang termasuk salah satu kota di Tanah Air yang punya banyak sekali kuliner. Salah satu kuliner tradisional ala Semarang ialah kue Jongkong. Di mana kue ini terbuat dari bahan dasar berupa singkong. Untuk membuat Jongkong, maka kamu memerlukan air daun pandan, garam, parutan singkong dan daun kelapa. Jika sudah siap, maka adonan dimasukkan ke dalam daun pisang kemudian diisi oleh sisiran gula merah. Selanjutnya kukus adonan tersebut sampai matang. Agar lebih nikmat maka Jongkong dapat dihidangkan bersama parutan dari kelapa

3. Getuk

Menu getuk dari Jawa via Tabloidbintang.com

Berikut ini merupakan menu makanan dari singkong yang tentunya sudah tak asing lagi terdengar di indera pendengaran kita semua. Getuk cukup familiar dan jadi primadona di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Untuk getuk sendiri terbagi atas dua jenis, yakni getuk lindri dan biasa. Cara mengolah getuk ini terbilang mudah loh, yakni dengan mengupas singkong kemudian direbus sampai empuk, lantas ditumbuk dan diberikan gula serta pewarna. Tak lupa ditaburi parutan kelapa agar lebih menggoda.

4. Combro

Cocok disantap bersama kopi dan teh hangat via Sajiansedap.grid.id

Apa kamu bisa menebak dari mana asal camilan berikut ini? Combro berasal dari Jawa Barat atau Sunda. Ternyata, nama menu Combro ini berasal dari singkatan, yang terdiri dari ‘oncom di jero bro’. Artinya ialah oncom dalam bro. Combro terbuat dari bahan utama berupa ketela pohon yang kemudian diparut. Lalu dibentuk menyerupai bola bundar dan diisi dengan sambal oncom. Saat sudah berbentuk bulat, maka selanjutnya digoreng hingga matang. Combro cocok dikonsumsi untuk camilan bersama teh hangat atau kopi.

Ingin mencicipi 4 kuliner berbahan singkong di atas Cakap People? Kamu bisa langsung singgah ke tempat yang memang menyajikan jajanan tradisional tersebut. Jika memang cara membuatnya cukup mudah, maka kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Suka Olahraga Lari? Ada Banyak Manfaat Selain Jaga Kebugaran

7 Ritual Aneh Ini Asli Bikin Merinding, 3 Diantaranya Ada di Tanah Air!