in

4 Kesalahan Saat Mengisi Baterai Smartphone dan Laptop Ini Sering Diabaikan!

CakapCakap – Saat ini kita telah memasuki zaman yang serba modern. Di zaman ini dipenuhi oleh aneka alat komunikasi yang canggih dan serba praktis. Sehingga aktivitas bertukar informasi jadi lebih mudah. Nah, itulah yang membuat kita tak bisa terlepas dari yang namanya smartphone dan laptop. Apa Cakap People salah satunya?

Hal tersebut juga menjadikan kita untuk senantiasa membawa smartphone maupun laptop ke mana pun kita pergi. Namun, di kala baterainya sudah habis atau hendak habis maka kita pasti akan dengan gesit mencari colokan untuk melakukan pengisian ulang baterai. Tetapi, sebenarnya ada 4 kesalahan yang wajib kamu hindari. Sebab, kesalahan ini seolah sudah mendarah-daging. Berikut kesalahan-kesalahan tersebut!

1. Charger tidak dicabut ketika sudah tak digunakan

Charger yang tak digunakan tetap dicolokkan via Sbelen.wordpress.com

Apa kamu salah satu orang yang gemar melakukan hal ini? Umumnya orang akan menyepelekan perilaku berikut. Padahal hal ini juga dapat berpengaruh pada tagihan listrik kamu lho! Sebenarnya hal ini tak berdampak pada kerusakan komponen, namun tarif listrik dapat membengkak nantinya.

2. Baterai sering dibiarkan hingga mati atau 0%

 

Baterai smartphone sampai 0% via Teknosid.com

Berikut ini merupakan hal yang paling sering dilakukan. Di mana baterai dibiarkan hingga benar-benar habis bahkan sampai mati. Perlu kamu ketahui, jika hal semacam ini akan berdampak pada usia baterai. Baiknya, kamu dapat melakukan pengisian baterai saat berada di angka 40% atau 80%.

3. Kinerja laptop dapat menurun

Performa laptop menurun karena baterai via Jalantikus.com

Pernah mengalami kehilangan data lantaran baterai laptop mendadak mati? Mungkin, akibat pengalaman tersebut kamu senantiasa mencolokkan charger laptop secara terus-menerus. Padahal hal tersebut dapat berdampak pada kinerja si laptop lho! Dapat pula terjadi panas yang berlebih pada laptop hingga timbul kerusakan di area baterainya. Lakukan pengisian baterai pada laptop sebelum baterainya benar-benar jadi 0%.

4. Baterai diisi sampai semalam suntuk

Pengisian baterai sampai semalaman via Macpoin.com

Mayoritas orang menganggap jika akan lebih baik mengisi baterai saat malam hari. Di mana saat kita tidur, maka baterai baru akan diisi ulang. Namun ternyata anggapan tersebut salah. Sebab secara tak langsung kamu akan membuat baterai terisi selama semalam suntuk. Padahal saat ini dikenal jenis baterai lithium-ion modern serta ada pula fitur pengisian cepat yang akan memudahkan pengisian baterai.

Berbekal teknologi canggih tersebut, maka mengisi baterai bisa jadi lebih cepat dan tak perlu dimatikan. Jika baterai diisi semalaman suntuk, maka yang dikhawatirkan ialah dapat panas saat digunakan untuk telepon. Sebab pertukaran panas tak sempurna, sehingga dapat berdampak pada listrik dan sinyal.

Coba ingat-ingat Cakap People, sekiranya mana kesalahan yang sering kamu lakukan. Hendaknya mulai ubah kebiasaan tersebut dan mulailah melakukan pengisian ulang baterai secara benar ya. Sebab, baik smartphone maupun laptop memiliki tingkat kerentanan masing-masing. Jadi, jangan pernah menyepelekan tindakan pengisian ulang baterai tersebut.

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

So Sweet! Atlet Hong Kong Lamar Kekasih di Asian Games 2018

Jadi Trending Topic Dunia! Eks Bek Arsenal Bunuh Diri