in

4 Cara Obati Luka Bakar yang Benar, Bukan Pakai Pasta Gigi!

CakapCakap – Luka bakar adalah luka yang tak boleh kamu sepelekan. Selain itu, dalam mengobati luka bakar juga memerlukan cara yang tepat serta benar. Sebab terlalu sembrono dalam mengobati luka bakar bisa membuatnya makin menjadi-jadi Cakap People. Luka bakar memiliki tingkatannya sendiri, di mana ada yang masuk dalam kategori luka bakar ringan, sedang hingga parah.

Sehingga dalam mengobati luka bakar tersebut maka harus tergantung pada tingkatan yang dialami. Apabila kamu atau anggota keluarga terkena luka bakar, maka berikut pertolongan pertama yang bisa dilakukan. Simak ya!

1. Hindari pakai pasta gigi

Jangan pakai pasta gigi via Lifestyle.kompas.com

Umumnya orang akan cenderung memakai cara lama untuk mengobati luka bakar, yakni dengan mengoleskan pasta gigi. Padahal menurut ahli dari Sanjay Gandhi Post Graduate Institute of Medical Sciences mengemukakan jika pasta gigi hanya akan membuat luka bakar jadi makin parah. Terlebih pasta gigi yang digunakan memiliki kandungan kalsium serta mint. Maka cenderung akan membuat infeksi makin luas serta berbahaya bagi kulit.

2. Siram luka pakai air mengalir

Jika luka ringan maka siram pakai air dingin mengalir via Hellosehat.com

Apabila kamu mengalami luka bakar dalam kategori ringan maka segera basuh dengan air dingin yang mengalir. Tindakan tersebut bertujuan guna membuat suhu luka dingin serta mengurangi ukuran dari luka bakar. Basuh luka tersebut memakai air dingin sampai rasa sakit dan panasnya membaik. Jika luka terlihat kehitaman dan beraroma gosong, maka jangan basuh memakai air. Langsung saja kunjungi dokter guna mendapatkan pertolongan. Tak hanya itu, kamu juga dianjurkan untuk tidak merendam luka bakar dalam air, cukup basuh saja pakai air mengalir.

3. Potongan kentang

Pakai potongan kentang via Food.detik.com

Di kala kamu mengalami luka bakar yang ringan, maka hindari untuk membalut luka pakai perban. Sebagai gantinya, kamu bisa membalutnya memakai kulit maupun irisan kentang. Mengapa harus kentang? Sebab di dalamnya terdapat kandungan yang tidak lengket serta anti bakteri yang baik bagi luka bakar. Sebelum memakai kentang, maka kamu  harus mencucinya terlebih dahulu. Lalu iris tipis maupun diambil kulitnya. Kemudian tempelkan kentang di area luka selama beberapa menit dan basuh sampai bersih.

4. Pakai lidah buaya

Gunakan gel lidah buaya via Faktualnews.co

Punya tanaman lidah buaya di rumah? Agaknya tanaman berikut bisa membantu kamu untuk mengurangi peradangan akibat luka bakar. Namun gel lidah buaya yang digunakan ialah yang berasal dari tanaman asli. Bukannya produk yang mengandung bahan lidah buaya. Lidah buaya akan membantu untuk merangsang luka agar cepat sembuh, mencegah berkembangnya bakteri hingga membuat kulit lebih lembab.

Selain bahan-bahan di atas, Cakap People juga dapat memanfaatkan tomat sebagai obat yang dapat mengobati luka bakar. Tomat memiliki kandungan berupa lycopene, yang mana bisa membantu memberikan perlindungan pada kulit yang terbakar. Jika kamu terkena benda panas atau api maka bisa mengiris tomat kemudian menempelkannya di antara luka yang terbakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Punya Hobi Berikut Ini? Wah, Tandanya Kamu Siap Jadi Wanita Mandiri!

Matahari Tidak Akan Berhenti Bersinar, Benarkah?