in ,

4 Bahaya yang Wajib Kamu Kenali Akibat Menahan Lapar!

CakapCakap – Umumnya ketika perut merasa lapar, maka Cakap People harus segera makan. Sebab menahan lapar bukanlah suatu perilaku yang baik. Tetapi dewasa ini, seiring dengan berjalannya waktu orang malah cenderung menahan rasa lapar mereka. Bukan karena keterbatasan uang semata, melainkan karena kesibukan dalam bekerja hingga akibat melakukan program diet.

Padahal menahan lapar sangat tidak dianjurkan. Sebab bisa memunculkan bahaya bagi kesehatan. Lantas, apa saja bahaya menahan lapar? Nah, kamu bisa menemukan jawabannya di ulasan berikut ini!

1. Memicu penuaan dini

Menyebabkan penuaan dini via Dream.co.id

Terlalu sering menahan lapar? Agaknya kebiasaan tersebut harus kamu akhiri. Sebab terlalu sering menahan lapar nyatanya bisa memicu penuaan dini. Mengapa demikian? Sebab tubuh akan mengalami kekurangan nutrisi di saat beraktivitas. Biasanya gejala penuaan dini akan diawali dengan kulit yang kusam, rambut mudah rontok, gampang lelah serta daya tahan tubuh menurun. Apabila hal tersebut berkelanjutan maka bisa memberikan dampak yang kurang baik pada kesehatan kamu.

2. Konsentrasi menurun

Fokus yang hilang akibat kurang nutrisi via Journal.sociolla.com

Apabila kamu menahan rasa lapar sampai 4 jam, maka tubuh kemudian akan memakai cadangan glukosa yang harusnya digunakan untuk menjaga fungsi otak. Sehingga kamu akan merasakan kurang fokus hingga mengalami produktivitas yang menurun. Hal ini dikarenakan kamu kekurangan nutrisi sehingga kinerja otak melambat. Guna mengembalikan konsentrasi kerja maka hindari untuk menahan rasa lapar terlampau lama.

3. Ingin makan secara berlebihan

Hasrat makan melonjak via Radarpekalongan.co.id

Makin lama kamu menahan rasa lapar, maka akan semakin besar juga hasrat untuk makan besar. Hal ini dikarenakan tubuh serta otak memerlukan pelampiasan pasca menahan lapar dalam kurun waktu yang lama. Sehingga kamu akan makan lebih banyak dibanding biasanya. Bahkan kamu akan cenderung memilih jenis makanan yang punya kandungan gula dan lemak tinggi guna mencukupi hasrat untuk makan secara berlebihan tersebut.

4. Mengantuk

Mudah mengantuk via Terasjabar.id

Apa kamu pernah mengalami perubahan mood serta mengantuk secara bersamaan? Hal tersebut bisa jadi disebabkan karena kamu menahan lapar terlalu lama. Sebab orang yang merasa lapar biasanya akan lebih mudah emosi saat menghadapi suatu hal. Terlebih jika kamu menahan rasa lapar dalam kurun waktu yang cukup lama.

Bagaimana Cakap People, cukup mengerikan bukan? Oleh karena itu, sebaiknya jangan lagi menahan rasa lapar dalam kurun waktu yang lama. Jika memang kamu sedang diet, maka bukan berarti tidak makan. Pilihlah jenis diet yang baik bagi kesehatan dan tentunya diseimbangkan dengan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Semoga bermanfaat ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

6 Pertanda Hantu Hadir di Rumahmu, Waspada!

Alternatif Olahraga Sederhana Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Sehat loh!