in ,

3 Tempat di Indonesia Ini Pernah Tertutup Salju loh, Mana Saja?

CakapCakap – Bukan rahasia lagi jika Indonesia merupakan salah satu negara yang memang hanya memiliki dua musim. Hal ini dikarenakan Indonesia terletak di area garis khatulistiwa. Alhasil negara kita mendapatkan jumlah radiasi yang cukup panjang dibanding negara-negara lain. Walau demikian, namun bukan berarti Indonesia tak bisa dihujani salju Cakap People.

Sebab realitanya beberapa dataran tinggi serta pegunungan di Indonesia sempat ada yang dihuni oleh butiran salju. Hal tersebut dikarenakan adanya suhu yang rendah. Ingin tahu daerah mana saja yang dulu sempat dituruni salju? Berikut ini loh daftarnya!

1. Ranu Kumbolo

Sempat mengalami suhu ekstrem via Pegipegi.com

Pasti kamu tak asing lagi bukan dengan tempat yang satu ini? Danau Ranu Kumbolo yang terletak di Gunung Semeru ini pernah mengalami sebuah penurunan suhu yang terbilang ekstrem. Alhasil area yang ada di sekitar Ranu Kumbolo sempat dilapisi oleh es, laksana sedang turun salju. Munculnya es pada puncak gunung itu dipicu oleh sebuah genangan setelah turun hujan. Selanjutnya cuaca yang cukup ekstrem serta angin kencang juga menjadikan es kemudian terbentuk.

2. Dieng

Dieng tertutup salju via News.bbmessaging.com

Dieng merupakan dataran tinggi yang ada di daerah Wonosobo. Ia sempat mengalami suatu fenomena yang disebut dengan aphelion. Fenomena tersebut bersifat alamiah dan biasa terjadi pada bulan puncak saat berlangsung musim kemarau. Ketika fenomena aphelion ini berlangsung maka udara akan sangat terasa dingin. Alhasil embun tampak membeku laksana salju. Tempat yang berkemungkinan untuk mengalami keadaan tersebut kurang dari titik beku 0 derajat Celcius. Hal tersebut bisa terjadi karena terdapat molekul udara di sekitar pegunungan yang jauh lebih renggang dibanding dataran rendah. Alhasil pendinginan berlangsung dengan cepat.

3. Jayawijaya

Mempunyai salju abadi via Fimela.com

Puncak gunung ini termasuk gunung kapur yang terbesar di negara kita. Jayawijaya merupakan gunung tinggi yang mempunyai titik tertinggi, di mana terdapat di Papua serta Benua Australia. Puncak Jayawijaya yang tertinggi ini meliputi Himalaya hingga Andes. Bukan rahasia lagi jika Indonesia memang mempunyai iklim yang tropis. Alhasil salju rasanya cukup mustahil untuk bersarang di negara kita ini. Tetapi di gunung Jayawijaya kamu bisa menjumpai salju di sana!

Bagaimana Cakap People, apa mulai timbul hasrat kamu untuk berkunjung ke beberapa tempat tersebut? Agaknya bermain salju di tempat sendiri memang merupakan hal yang menyenangkan. Jika kamu ingin berkunjung ke tempat-tempat tersebut maka persiapkan diri dengan baik ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Voxan Wattman Ingin Jadi Sepeda Motor Listrik Tercepat di Dunia, Seperti Apa?

Miliarder Perancis Ini Sumbang Rp1,6 Triliun Untuk Bangun Kembali Katedral Notre Dame