in ,

3 Manfaat Rahasia Tempe yang Jarang Diketahui Orang, Intip yuk!

CakapCakap – Tempe adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat merakyat. Sebab makanan berikut dapat dinikmati oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Apa Cakap People salah satu penggemar tempe? Makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai ini memiliki nilai gizi yang sangat tinggi loh!

Jika dibandingkan dengan lauk lain seperti daging tentu harga tempe jauh lebih murah. Namun ada yang mengatakan jika tempe lebih sehat dibanding daging. Lantas, apa saja manfaat tempe bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui? Coba intip informasinya lebih lanjut di ulasan berikut ini yuk!

1. Mengontrol nafsu makan

 

Membuat rasa kenyang awet via Magazine.job-like.com

Bukan rahasia lagi jika di dalam tempe tersedia kandungan protein yang cukup tinggi. Bahkan menurut beberapa penelitian menyebutkan apabila diet kaya protein bisa merangsang termogenesis. Zat tersebut bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta membakar kalori lebih banyak pada tiap kali konsumsi. Tak hanya itu, sebab diet tinggi protein juga bisa mengontrol nafsu makan kamu dan rasa kenyang pun bisa bertahan lama.

2. Membantu turunkan kolesterol

Manfaat tempe bagi kesehatan via Campaniarestaurant.com

Bahan dasar pembuat tempe ialah kedelai, di mana di dalamnya tersedia senyawa tumbuhan yang bernama isoflavon. Kandungan tersebut secara langsung berhubungan dengan turunnya kadar kolesterol jahat. Bahkan ada studi yang menemukan jika isoflavon dari kedelai dapat membuat kolesterol jahat turun secara drastis. Menariknya lagi tempe dapat memberikan dampak perlindungan terhadap hati dan bisa memperbaiki kerusakan yang terjadi pada sel hati. Tertarik untuk menjadikan tempe sebagai makanan harian?

3. Menjaga kesehatan organ pencernaan

Kandungan gizi dalam tempe via Nakita.grid.id

Tempe merupakan salah satu makanan yang melalui proses fermentasi. Proses ini mengikutkan pemecahan gula oleh ragi serta bakteri. dengan kata lain makanan yang melalui proses fermentasi termasuk ke dalam sumber pribiotik baik. Pribiotik pun bisa menguntungkan organ usus, sebab bisa meningkatkan kesehatan organ pencernaan. Selain itu, dalam sebuah studi menemukan hasil jika pribiotik dapat membuat gejala sindrom iritasi usus berkurang, buang air besar jadi lebih teratur hingga meminimalisir kembung di perut.

Jadi Cakap People tak perlu ragu lagi untuk menjadikan tempe sebagai menu harian. Sebab di dalam makanan ini tersedia aneka kandungan dan senyawa yang sangat baik bagi tubuh. Selain dapat menjaga organ pencernaan supaya tetap sehat, tempe juga cocok dijadikan menu diet. Kamu bisa mengolah tempe jadi menu sehat untuk program penurunan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Meteorid Cinta Dilelang Jelang Hari Valentine. Kamu Mau?

4 Zodiak Berikut Dikenal Paling Manja dan Bergantung pada Orang Lain, Siapa Saja?