in ,

12 Kali Panjang Lapangan Sepak Bola, Ini Kereta Api Terpanjang di Dunia!

CakapCakap – Kereta api merupakan salah satu transportasi yang hingga kini masih sering dimanfaatkan. Entah untuk perjalanan jauh ataupun dekat, kereta api menjadi salah satu transportasi favorit bagi banyak orang, termasuk Cakap People? Selain di Indonesia, penggunaan kereta api juga banyak dilakukan di luar negeri khususnya di negara maju yakni Australia Selatan.

Penampakan The Ghan melaju pada perlintasan rel, via rajawow.com

Australi Selatan memiliki kereta api dengan gerbong terpanjang yang dinamakan The Ghan. The Ghan memiliki Gerbong yang membentang dengan panjang 1,09 km atau setara dengan 12 kali panjang lapangan sepak bola.

Dengan panjangnya yang tidak biasa tersebut, tidak heran The Ghan lantas dinobatkan menjadi sebagai kereta api terpanjang versi Guinness World Records di dunia. Kereta ini beroperasi sejak tahun 1929 dan menghubungkan antara Adelaide, Australia Selatan dengan kawasan Drawin yang terletak di Australia bagian utara.

The Ghan, kereta api terpanjang di dunia. via suara.com

Kereta terpanjang di dunia ini hanya melakukan perjalanan 1 kali saja dalam seminggu dengan catatan waktu tempuhnya 54 jam atau setara dengan 3 hari 2 malam dalam sekali jalan. The Ghan memiliki kecepatan mencapai 85 kilometer per jam dengan menyisir lintasan sejauh 2,979 km dan hanya melakukan pemberhentian sekali saja dengan durasi waktu berkisar 4 jam di Alice Springs. Alice Springs sendiri adalah sebuah kota yang terdapat di Adelaide dan Darwin.

The Ghan memiliki 44 gerbong serta 2 lokomotif dan mampu menampung 5.800 penumpang dan mengangkut 3 ribu telur, daging hingga 200 kilogram sayur. Dibandingkan dengan The Ghan panjang kereta api yang sering kita naiki tentu kalah jauh.

Penampakan dalam gerbong kereta api The Ghan, via guideku.com

The Ghan memang terlihat menakjubkan dengan gerbongnya yang begitu panjang, belum lagi daya tampungnya yang luar bisa membuat banyak orang penasaran bagaimana rasanya naik kereta api terpanjang ini.

Jika tertarik dan penasaran, Cakap People bisa berkunjung ke Australia Selatan. Siapa tahu kamu bisa merasakan sensasi naik kereta terpanjang di dunia, The Ghan. Selagi berada di Australia, jangan lupa juga menikmati ragam wisata menariknya yang tidak kalah cantik dari Indonesia ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Duh, 4 Artis Cantik Kelas Dunia Ini Ternyata Sering Kentut Sembarangan!

Enam “Tuhan” akan Mencoblos pada Pemilu 2019. Siapa Mereka?